RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
No. 1

Satuan Pendidikan : MI Bojongsari
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : I/2
Tahun Ajaran : 2010 - 2011


Standar Kompetensi :
• Siswa mampu merespos dan melakukan petunjuk secara lisan
• Siswa mampu mengungkapkan tindak tutur secara lisan
• Siswa mampu merespons wacana tertulis dengan benar
• Siswa mampu menyalin dan menuliskan wacana lisan dengan tepat
Kompetensi Dasar :
• Merespons perintah dan petunjuk secara lisan
• Mengeskpresikan berbagai tindak tutur secara tepat dan berterima
• Merespons wacana tulis secara tepat dan berterima
• Menuliskan kata-kata sederhana secara tepat dan berterima
Indikator :
• Merespons perintah dan petunjuk lisan secara verbal
• Merespons perintah dan petunjuk lisan secara tindakan
• Mengekspresikan ungkapan sesuai dengan konteks
• Membaca wacana tertulis dan berbagai teks fungsional secara berterima
• Menulis dan menyalin kata dan kalimat sangat sederhana sesuai dengan konteks
Alokasi Waktu : 8 jam pelajaran (4 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat:
• Merespons perintah dan petunjuk secara lisan
• Mengeskpresikan berbagai tindak tutur secara tepat dan berterima
• Merespons wacana tulis secara tepat dan berterima
• Menuliskan kata-kata sederhana secara tepat dan berterima
B. Materi Pembelajaran
Pertemuan ke-1 s.d. 4
Our Environment
1. Benda-benda di sekitar siswa
2. Membedakan pengucapan kosa kata yang hampir sama
3. Bertanya jawab tentang lingkungan sekitar kita secara bergantian
C. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, inkuiri, dan penugasan
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke-1 s.d. 4
Pendahuluan
Apersepsi:
Siswa diajak memperhatikan benda di sekitar kita
Motivasi:
Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa mengenal materi, pengucapan dan kata dalam bahasa Inggris dengan benar
Kegiatan Inti
1. Dengan berdialog dan berdiskusi, siswa diajak memahami lingkungan sekitar
2. Dengan metode tanya jawab siswa menjelaskan kosa kata secara acak
3. Dengan berdiskusi siswa diajak melengkapi kata dengan huruf yang hilang
4. Dengan berdiskusi siswa diajak untuk menulis kata berdasarkan ejaannya dan sebaliknya
5. Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang materi pada buku LKS dan buku penunjang lainnya
Penutup
1. Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
2. Siswa dan guru melakukan refleksi
3. Guru memberikan tugas rumah (PR)

E. Alat dan Bahan
1. Alat : gambar, kartu huruf, benda-benda sekitar
2. Sumber belajar :
- Buku paket
- LKS Sekar
- Buku lain yang relevan
F. Penilaian
1. Teknik/jenis : kuis dan tugas individu
2. Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis
3. Instrumen/soal:

complete (lengkapilah)
1 desi : that is not pond
sukma : what is that
desi : .............................
2 galih : that is not park lamp
 andre : what is that
   galih : .............................
3 dimar : that is not fountain
   wulan : what is that
   dimar : .............................
4 dayo : that is not slide
   bima : what is that
   dayo : .............................
5 fadhil : that is not grass
  ikhsan : what is that
   fadhil : .............................

Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut:
Nilai akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100)















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
No. 2

Satuan Pendidikan : MI Bojongsari
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : I/2
Tahun Ajaran : 2010 - 2011


Standar Kompetensi :
• Siswa mampu merespos dan melakukan petunjuk secara lisan
• Siswa mampu mengungkapkan tindak tutur secara lisan
• Siswa mampu merespons wacana tertulis dengan benar
• Siswa mampu menyalin dan menuliskan wacana lisan dengan tepat
Kompetensi Dasar :
• Merespons perintah dan petunjuk secara lisan
• Mengeskpresikan berbagai tindak tutur secara tepat dan berterima
• Merespons wacana tulis secara tepat dan berterima
• Menuliskan kata-kata sederhana secara tepat dan berterima
Indikator :
• Merespons perintah dan petunjuk lisan secara verbal
• Merespons perintah dan petunjuk lisan secara tindakan
• Mengekspresikan ungkapan sesuai dengan konteks
• Membaca wacana tertulis dan berbagai teks fungsional secara berterima
• Menulis dan menyalin kata dan kalimat sangat sederhana sesuai dengan konteks
Alokasi Waktu : 8 jam pelajaran (4 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat:
• Merespons perintah dan petunjuk secara lisan
• Mengeskpresikan berbagai tindak tutur secara tepat dan berterima
• Merespons wacana tulis secara tepat dan berterima
• Menuliskan kata-kata sederhana secara tepat dan berterima
B. Materi Pembelajaran
Pertemuan ke-5 s.d. 8
Things in the Bedroom
1. Benda-benda di kamar tidur
2. Membedakan pengucapan kosa kata yang hampir sama
3. Bertanya jawab tentang lingkungan sekitar kita secara bergantian
C. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, inkuiri, dan penugasan
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke-5 s.d. 8
Pendahuluan
Apersepsi:
Siswa diajak mengingat benda apa saja yang ada di kamar tidur
Motivasi:
Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa mengenal materi, pengucapan dan kata dalam bahasa Inggris dengan benar

Kegiatan Inti
1. Dengan berdialog dan berdiskusi, siswa diajak memahami lingkungan sekitar
2. Dengan metode tanya jawab siswa menjelaskan kosa kata secara acak
3. Dengan berdiskusi siswa diajak melengkapi kata dengan huruf yang hilang
4. Dengan berdiskusi siswa diajak untuk menulis kata berdasarkan ejaannya dan sebaliknya
5. Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang materi pada buku LKS dan buku penunjang lainnya
Penutup
1. Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
2. Siswa dan guru melakukan refleksi
3. Guru memberikan tugas rumah (PR)
E. Alat dan Bahan
1. Alat : gambar, kartu huruf, benda-benda sekitar
2. Sumber belajar :
- Buku paket
- LKS Sekar
- Buku lain yang relevan
F. Penilaian
1. Teknik/jenis : kuis dan tugas individu
2. Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis
3. Instrumen/soal:
translate (terjemahkan)
1 itu lemari that is
2 ini jam this is
3 itu sprei
4 ini boneka
5 itu guling

Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut:
Nilai akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100)







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
No. 3

Satuan Pendidikan : MI Bojongsari
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : I/2
Tahun Ajaran : 2010 - 2011


Standar Kompetensi :
• Siswa mampu merespos dan melakukan petunjuk secara lisan
• Siswa mampu mengungkapkan tindak tutur secara lisan
• Siswa mampu merespons wacana tertulis dengan benar
• Siswa mampu menyalin dan menuliskan wacana lisan dengan tepat
Kompetensi Dasar :
• Merespons perintah dan petunjuk secara lisan
• Mengeskpresikan berbagai tindak tutur secara tepat dan berterima
• Merespons wacana tulis secara tepat dan berterima
• Menuliskan kata-kata sederhana secara tepat dan berterima
Indikator :
• Merespons perintah dan petunjuk lisan secara verbal
• Merespons perintah dan petunjuk lisan secara tindakan
• Mengekspresikan ungkapan sesuai dengan konteks
• Membaca wacana tertulis dan berbagai teks fungsional secara berterima
• Menulis dan menyalin kata dan kalimat sangat sederhana sesuai dengan konteks
Alokasi Waktu : 8 jam pelajaran (4 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat:
• Merespons perintah dan petunjuk secara lisan
• Mengeskpresikan berbagai tindak tutur secara tepat dan berterima
• Merespons wacana tulis secara tepat dan berterima
• Menuliskan kata-kata sederhana secara tepat dan berterima
B. Materi Pembelajaran
Pertemuan ke-9 s.d. 12
Things in the Kitchen
1. Benda-benda di dapur
2. Membedakan pengucapan kosa kata yang hampir sama
3. Bertanya jawab tentang lingkungan sekitar kita secara bergantian
C. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, inkuiri, dan penugasan
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke-9 s.d. 12
Pendahuluan
Apersepsi:
Siswa diajak memperhatikan benda di ruangan tidurnya
Motivasi:
Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa mengenal materi, pengucapan dan kata dalam bahasa Inggris dengan benar

Kegiatan Inti
1. Dengan berdialog dan berdiskusi, siswa diajak memahami lingkungan sekitar
2. Dengan metode tanya jawab siswa menjelaskan kosa kata secara acak
3. Dengan berdiskusi siswa diajak melengkapi kata dengan huruf yang hilang
4. Dengan berdiskusi siswa diajak untuk menulis kata berdasarkan ejaannya dan sebaliknya
5. Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang materi pada buku LKS dan buku penunjang lainnya
Penutup
1. Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
2. Siswa dan guru melakukan refleksi
3. Guru memberikan tugas rumah (PR)
E. Alat dan Bahan
1. Alat : gambar, kartu huruf, benda-benda sekitar
2. Sumber belajar :
- Buku paket
- LKS Sekar
- Buku lain yang relevan
F. Penilaian
1. Teknik/jenis : kuis dan tugas individu
2. Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis
3. Instrumen/soal:
Pronounce (ucapkan)
1 what is it
2 that is mug
3 that is not napkin
4 this is a plate
5 is it a fork

Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut:
Nilai akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100)






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
No. 4

Satuan Pendidikan : MI Bojongsari
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : I/2
Tahun Ajaran : 2010 - 2011


Standar Kompetensi :
• Siswa mampu merespos dan melakukan petunjuk secara lisan
• Siswa mampu mengungkapkan tindak tutur secara lisan
• Siswa mampu merespons wacana tertulis dengan benar
• Siswa mampu menyalin dan menuliskan wacana lisan dengan tepat
Kompetensi Dasar :
• Merespons perintah dan petunjuk secara lisan
• Mengeskpresikan berbagai tindak tutur secara tepat dan berterima
• Merespons wacana tulis secara tepat dan berterima
• Menuliskan kata-kata sederhana secara tepat dan berterima
Indikator :
• Merespons perintah dan petunjuk lisan secara verbal
• Merespons perintah dan petunjuk lisan secara tindakan
• Mengekspresikan ungkapan sesuai dengan konteks
• Membaca wacana tertulis dan berbagai teks fungsional secara berterima
• Menulis dan menyalin kata dan kalimat sangat sederhana sesuai dengan konteks
Alokasi Waktu : 8 jam pelajaran (4 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat:
• Merespons perintah dan petunjuk secara lisan
• Mengeskpresikan berbagai tindak tutur secara tepat dan berterima
• Merespons wacana tulis secara tepat dan berterima
• Menuliskan kata-kata sederhana secara tepat dan berterima
B. Materi Pembelajaran
Pertemuan ke-13 s.d. 16
Things at School
1. Benda-benda di sekitar sekolah
2. Membedakan pengucapan kosa kata yang hampir sama
3. Bertanya jawab tentang lingkungan sekitar kita secara bergantian
C. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, inkuiri, dan penugasan
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke-13 s.d. 16
Pendahuluan
Apersepsi:
Siswa diajak memperhatikan benda di sekitar sekolah mereka
Motivasi:
Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa mengenal materi, pengucapan dan kata dalam bahasa Inggris dengan benar

Kegiatan Inti
1. Dengan berdialog dan berdiskusi, siswa diajak memahami lingkungan sekitar
2. Dengan metode tanya jawab siswa menjelaskan kosa kata secara acak
3. Dengan berdiskusi siswa diajak melengkapi kata dengan huruf yang hilang
4. Dengan berdiskusi siswa diajak untuk menulis kata berdasarkan ejaannya dan sebaliknya
5. Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang materi pada buku LKS dan buku penunjang lainnya
Penutup
1. Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
2. Siswa dan guru melakukan refleksi
3. Guru memberikan tugas rumah (PR)
E. Alat dan Bahan
1. Alat : gambar, kartu huruf, benda-benda sekitar
2. Sumber belajar :
- Buku paket
- LKS Sekar
- Buku lain yang relevan
F. Penilaian
1. Teknik/jenis : kuis dan tugas individu
2. Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis
3. Instrumen/soal:
what is the english of .... (apakah bahasa inggris dari ....)
1 kantor guru 4. halaman sekolah....................
2 ruang kelas 5. kebun.........................
3 perpustakaan


Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut:
Nilai akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100)




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                                                                         No. 1


Satuan Pendidikan         : MI Bojongsari
Mata Pelajaran              : Bahasa Inggris
Kelas/Semester             : II/2
Tahun Ajaran                : 2010 - 2011

 

Standar Kompetensi       
·     Siswa dapat merespons wacana secara lisan
·     Siswa dapat mengekspresikan tindak tutur secara berterima
·     Siswa dapat mengidentifikasi ungkapan yang dipelajari
·     Siswa dapat menyalin kata-kata sederhana yang dipelajari
Kompetensi Dasar          
·        Merespons wacana lisan secara tepat dan berterima
·        Mengeskpresikan berbagai macam tindak tutur secara tepat dan berterima
·        Merespons wacana tulis secara tepat dan berterima
·        Menuliskan kalimat/kata sederhana secara tepat dan berterima
      Indikator                        :                                 
·        Merespons perintah dan petunjuk lisan secara verbal
·        Merespons perintah dan petunjuk lisan secara tindakan
·        Mengekspresikan ungkapan sesuai dengan konteks
·        Membaca wacana tertulis dan berbagai teks fungsional secara berterima
·        Menulis dan menyalin kata dan kalimat sangat sederhana sesuai dengan konteks
Alokasi Waktu                 :           6  jam pelajaran (3 x pertemuan)

      A.  Tujuan Pembelajaran

                                 Siswa dapat:
·          Merespons wacana lisan secara tepat dan berterima
·          Mengeskpresikan berbagai macam tindak tutur secara tepat dan berterima
·          Merespons wacana tulis secara tepat dan berterima
·          Menuliskan kalimat/kata sederhana secara tepat dan berterima

      B.  Materi Pembelajaran

     Pertemuan ke-1 s.d. 4
      Health
1.      Macam-macam penyakit
2.      Tenaga medis dan tugasnya
3.      Bertanya jawab /bermain peran dalam percakapan sederhana secara bergantian

      C.  Metode Pembelajaran

           Diskusi kelompok, inkuiri, dan penugasan

      D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

           Pertemuan Ke-1 s.d. 4
           Pendahuluan
Apersepsi:
1.    Siswa diingatkan ketika mereka sakit
2.    Siswa diingatkan para tenaga medis dan peralatannya
Motivasi:
Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa materi dengan baik

            Kegiatan Inti

1.    Dengan berdialog dan berdiskusi, siswa diajak memahami macam-macam penyakit
2.    Dengan metode tanya jawab siswa menjelaskan macam-macam obat
3.    Dengan berdiskusi siswa diajak melengkapi kata dengan kata yang hilang
4.    Dengan berdiskusi siswa diajak untuk melengkapi kalimat yang rumpang
5.    Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang materi terkait pada buku LKS dan buku penunjang  lainnya

            Penutup

1.    Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
2.    Siswa dan guru melakukan refleksi
3.    Guru memberikan tugas rumah (PR)
E.   Alat dan Bahan
1.    Alat    :    gambar, benda-benda sekitar, kamus
2.    Sumber belajar   :
- Buku paket
- LKS Sekar
- Buku lain yang relevan
F.   Penilaian
1.    Teknik/jenis  : kuis dan tugas individu
2.    Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis
3.    Instrumen/soal:
1.  Arrange this words! (Susunlah kata-kata ini!)
     ambulance - is - that
     a.  That ambulance is.
     b.  Is that ambulance.
     c.  That is ambulance.
2.  Arrange this words! (Susunlah kata-kata ini!)
     it - syringe - is
     a.  It is syringe.
     b.  It syringe is.
     c.  Syringe it is.
3.  Arrange this words! (Susunlah kata-kata ini!)
     this - prescription - is - ?
     a.  This prescription is?
     b.  Is this prescription?
     c.  This is prescription?

Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut:
Nilai akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100)           

                                                                                               
Mengetahui
Kepala MI Bojongsari





Mamah, S.Pd.I
Nip. 19740414 200003 2 001
Ciamis,    Januari   2011
Guru B. Inggris





Maman Rusdiaman, S.Pd





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                                                                         No. 2


Satuan Pendidikan         : MI Bojongsari
Mata Pelajaran              : Bahasa Inggris
Kelas/Semester             : II/2
Tahun Ajaran                : 2010 - 2011

 

Standar Kompetensi       
·     Siswa dapat merespons wacana secara lisan
·     Siswa dapat mengekspresikan tindak tutur secara berterima
·     Siswa dapat mengidentifikasi ungkapan yang dipelajari
·     Siswa dapat menyalin kata-kata sederhana yang dipelajari
Kompetensi Dasar          
·        Merespons wacana lisan secara tepat dan berterima
·        Mengeskpresikan berbagai macam tindak tutur secara tepat dan berterima
·        Merespons wacana tulis secara tepat dan berterima
·        Menuliskan kalimat/kata sederhana secara tepat dan berterima
      Indikator                        :                                 
·        Merespons perintah dan petunjuk lisan secara verbal
·        Merespons perintah dan petunjuk lisan secara tindakan
·        Mengekspresikan ungkapan sesuai dengan konteks
·        Membaca wacana tertulis dan berbagai teks fungsional secara berterima
·        Menulis dan menyalin kata dan kalimat sangat sederhana sesuai dengan konteks
Alokasi Waktu                 :           8  jam pelajaran (4 x pertemuan)

      A.  Tujuan Pembelajaran

                                 Siswa dapat:
·          Merespons wacana lisan secara tepat dan berterima
·          Mengeskpresikan berbagai macam tindak tutur secara tepat dan berterima
·          Merespons wacana tulis secara tepat dan berterima
·          Menuliskan kalimat/kata sederhana secara tepat dan berterima

      B.  Materi Pembelajaran

     Pertemuan ke-5 s.d. 8
      Vehicles
1.      Macam-macam alat transportasi
2.      Membedakan jenis alat transportasi
3.      Bertanya jawab /bermain peran dalam percakapan sederhana secara bergantian

      C.  Metode Pembelajaran

           Diskusi kelompok, inkuiri, dan penugasan

      D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

            Pertemuan ke-5 s.d. 8
           Pendahuluan
Apersepsi:
1. Siswa diingatkan jenis kendaraan yang mereka kenal
2. Siswa diingatkan perbedaan jenis alat transportas yang mereka tahu
Motivasi:
Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa mengenal alat-alat transportasi dalam pengucapan dan notasi dengan benar

            Kegiatan Inti

1.   Dengan berdialog dan berdiskusi, siswa diajak memahami alat tansportasi darat, laut dan udara
2.   Dengan metode tanya jawab siswa menjelaskan macam alat transportasi dan kegunaannya
3.   Dengan berdiskusi siswa diajak melengkapi kata dengan kata yang hilang
4.   Dengan berdiskusi siswa diajak untuk menulis angka yang tepat
5.   Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang alat transportasi  pada buku LKS dan buku penunjang  lainnya

            Penutup

1.   Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
2.   Siswa dan guru melakukan refleksi
3.   Guru memberikan tugas rumah (PR)
E.   Alat dan Bahan
1.   Alat    :    gambar, benda-benda sekitar, kamus
2.   Sumber belajar   :
- Buku paket
- LKS Sekar
- Buku lain yang relevan
F.   Penilaian
1.    Teknik/jenis  : kuis dan tugas individu
2.    Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis
3.    Instrumen/soal:
1.  I go to school by ....                
     a.  car                                                       
     b.  train                               
     c.  plane
2.  My mother never goes by ....   
     a.  plane                                                         
     b.  truck
     c.  ambulance                     
3.  My uncle is a driver of ....   
     a.  truck                                                b.  taxi
      c.  bus                                            
    

4.      Arrange this words!
   she - plane - Jakarta - goes - to - by
   a.    She plane Jakarta goes to by
   b.   She goes to Jakarta by plane               
   c.    She goes Jakarta to plane by
5.      Arrange this words!
   this - boat - is - a
   a.    This boat is a
   b.   This is a boat
   c.    Is a boat this


Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut:
Nilai akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100)           

                                                                                               
Mengetahui
Kepala MI Bojongsari





Mamah, S.Pd.I
Nip. 19740414 200003 2 001
Ciamis,    Januari   2011
Guru B. Inggris





Maman Rusdiaman, S.Pd



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                                                                         No. 3



Satuan Pendidikan         : MI Bojongsari
Mata Pelajaran              : Bahasa Inggris
Kelas/Semester             : II/2
Tahun Ajaran                : 2010 - 2011
Standar Kompetensi       
·     Siswa dapat merespons wacana secara lisan
·     Siswa dapat mengekspresikan tindak tutur secara berterima
·     Siswa dapat mengidentifikasi ungkapan yang dipelajari
·     Siswa dapat menyalin kata-kata sederhana yang dipelajari
Kompetensi Dasar          
·        Merespons wacana lisan secara tepat dan berterima
·        Mengeskpresikan berbagai macam tindak tutur secara tepat dan berterima
·        Merespons wacana tulis secara tepat dan berterima
·        Menuliskan kalimat/kata sederhana secara tepat dan berterima
      Indikator                        :                                 
·        Merespons perintah dan petunjuk lisan secara verbal
·        Merespons perintah dan petunjuk lisan secara tindakan
·        Mengekspresikan ungkapan sesuai dengan konteks
·        Membaca wacana tertulis dan berbagai teks fungsional secara berterima
·        Menulis dan menyalin kata dan kalimat sangat sederhana sesuai dengan konteks
Alokasi Waktu                 :           8  jam pelajaran (4 x pertemuan)

      A.  Tujuan Pembelajaran

                                 Siswa dapat:
·          Merespons wacana lisan secara tepat dan berterima
·          Mengeskpresikan berbagai macam tindak tutur secara tepat dan berterima
·          Merespons wacana tulis secara tepat dan berterima
·          Menuliskan kalimat/kata sederhana secara tepat dan berterima

      B.  Materi Pembelajaran

     Pertemuan ke-7 s.d. 9
      Tame Animals
1.      Jenis hewan jinak
2.      Macam hewan yang dipelihara
3.      Bertanya jawab /bermain peran dalam percakapan sederhana secara bergantian

      C.  Metode Pembelajaran

           Diskusi kelompok, inkuiri, dan penugasan

      D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

           PertemuanKe - 7 s.d. 9
           Pendahuluan
Apersepsi:
Siswa diingatkan tempat umum yang ada di dekat sekolah
Motivasi:
Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa mengenal macam tempat umum

            Kegiatan Inti

1.   Dengan berdialog dan berdiskusi, siswa diajak memahami pengertian tempat  umum
2.   Dengan metode tanya jawab siswa menjelaskan fungsi masing-masing tempat umum
3.   Dengan berdiskusi siswa diajak melengkapi kata dengan kata yang hilang
4.   Dengan berdiskusi siswa diajak untuk menulis nama-nama hewan yang tepat
5.   Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang jenis hewan pada buku LKS dan buku penunjang  lainnya

            Penutup

1.   Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
2.   Siswa dan guru melakukan refleksi
3.   Guru memberikan tugas rumah (PR)
E.   Alat dan Bahan
1.   Alat    :    gambar, benda-benda sekitar, kamus
2.   Sumber belajar   :
- Buku paket
- LKS Sekar
- Buku lain yang relevan
F.   Penilaian
1.    Teknik/jenis  : kuis dan tugas individu
2.    Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis
3.    Instrumen/soal:
1.  I go to ... by car.           
     a.  drugstore                       
     b.  market
     c.  post office
2.  The ... is very luxurious.      
     a.library                                      
     b.  hospital
     c.  supermarket
3.  The ... is very crowded. 
     a.  bank                                  
     b.  restaurant
     c.  market
4.  Arrange this words! (Susunlah kata-kata ini!)
     go - to - I - the zoo
     a.  the zoo I go to           b.   I go to the zoo               c.   go to the zoo I
5.  Arrange this words! (Susunlah kata-kata ini!)
     this - a - library - is
     a. this is a library            b.   the library is this             c.   is this a library

Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut:
Nilai akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100)
                                                                                             
Mengetahui
Kepala MI Bojongsari





Mamah, S.Pd.I
Nip. 19740414 200003 2 001
Ciamis,    Januari   2011
Guru B. Inggris





Maman Rusdiaman, S.Pd








                                                                                   

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                                                                         No. 4



Satuan Pendidikan         : MI Bojongsari
Mata Pelajaran              : Bahasa Inggris
Kelas/Semester             : II/2
Tahun Ajaran                : 2010 - 2011

 

Standar Kompetensi       
·     Siswa dapat merespons wacana secara lisan
·     Siswa dapat mengekspresikan tindak tutur secara berterima
·     Siswa dapat mengidentifikasi ungkapan yang dipelajari
·     Siswa dapat menyalin kata-kata sederhana yang dipelajari
Kompetensi Dasar          
·        Merespons wacana lisan secara tepat dan berterima
·        Mengeskpresikan berbagai macam tindak tutur secara tepat dan berterima
·        Merespons wacana tulis secara tepat dan berterima
·        Menuliskan kalimat/kata sederhana secara tepat dan berterima
      Indikator                        :                                 
·        Merespons perintah dan petunjuk lisan secara verbal
·        Merespons perintah dan petunjuk lisan secara tindakan
·        Mengekspresikan ungkapan sesuai dengan konteks
·        Membaca wacana tertulis dan berbagai teks fungsional secara berterima
·        Menulis dan menyalin kata dan kalimat sangat sederhana sesuai dengan konteks
Alokasi Waktu                 :           8  jam pelajaran (4 x pertemuan)

      A.  Tujuan Pembelajaran

                                 Siswa dapat:
·          Merespons wacana lisan secara tepat dan berterima
·          Mengeskpresikan berbagai macam tindak tutur secara tepat dan berterima
·          Merespons wacana tulis secara tepat dan berterima
·          Menuliskan kalimat/kata sederhana secara tepat dan berterima

      B.  Materi Pembelajaran

     Pertemuan ke-13 s.d. 16
      I Like Reading
1.      Jenis kegemaran
2.      Bertanya jawab /bermain peran dalam percakapan sederhana secara bergantian

      C.  Metode Pembelajaran

           Diskusi kelompok, inkuiri, dan penugasan

      D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

            Pertemuan ke-13 s.d. 16
           Pendahuluan
Apersepsi:
Siswa diingatkan apa yang mereka senangi
Motivasi:
Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa mengenal jenis kegemaran dengan benar

            Kegiatan Inti

1.   Dengan berdialog dan berdiskusi, siswa diajak memahami pengertian kegemaran
2.   Dengan metode tanya jawab siswa menjelaskan jenis kegemaran
3.   Dengan berdiskusi siswa diajak melengkapi kata dengan kata yang hilang
4.   Dengan berdiskusi siswa diajak untuk menulis jenis kegemaran yang tepat
5.   Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang jenis binatang buas pada buku LKS dan buku penunjang  lainnya

            Penutup

1.   Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
2.   Siswa dan guru melakukan refleksi
3.   Guru memberikan tugas rumah (PR)
E.   Alat dan Bahan
1.   Alat    :    gambar, benda-benda sekitar, kamus
2.   Sumber belajar   :
- Buku paket
- LKS Sekar
- Buku lain yang relevan
F.   Penilaian
1.    Teknik/jenis  : kuis dan tugas individu
2.    Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis
3.    Instrumen/soal:
           1.  I am ….   bersepeda                                                                                                                 a.   cycling
                b.   volleyball                      
                c.  football

2.  Ani         : What is her hobby?
     Susan     : …. hobby is writing
     a.  his                                  b.    my                                c.    her           
3.  Reki  : What's your hobby?
     Anton     : …. hobby is singing
     a.  her                                        b. his                   c.  my       
4.  Kalau dirangkai huruf berikut berbentuk kata ….
         w  -  a  -  d  -  i  -  r  -  n  -  g
     a.  reading                                  b. dancing            c.         drawing           
5.  Kalau dirangkai huruf berikut berbentuk kata ….
     l  -  y  -  c  -  i  -  g  -  c  -  n
     a.  surfing                                   b. cycling c.         cooking

Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut:
Nilai akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100)

Mengetahui
Kepala MI Bojongsari





Mamah, S.Pd.I
Nip. 19740414 200003 2 001
Ciamis,    Januari   2011
Guru B. Inggris





Maman Rusdiaman, S.Pd




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                                                                         No. 1



Satuan Pendidikan       : MI Bojongsari
Mata Pelajaran             : Bahasa Inggris
Kelas/Semester            : III/2
Tahun Ajaran               : 2010 - 2011

 

Standar Kompetensi      
·      Siswa mampu merespos dan melakukan petunjuk secara lisan
·      Siswa mampu mengungkapkan tindak tutur secara lisan
·      Siswa mampu merespons wacana tertulis dengan benar
·      Siswa mampu menyalin dan menuliskan wacana dengan tepat
Kompetensi Dasar          
·      Merespons perintah dan petunjuk secara lisan
·      Mengeskpresikan berbagai tindak tutur secara tepat dan berterima
·      Merespons wacana tulis secara tepat dan berterima
·      Menuliskan kata-kata sederhana secara tepat dan berterima
      Indikator                        :  
·      Merespons perintah dan petunjuk lisan secara verbal
·      Merespons perintah dan petunjuk lisan secara tindakan
·      Mengekspresikan ungkapan sesuai dengan konteks
·      Membaca wacana tertulis dan berbagai teks fungsional secara berterima
·      Menulis dan menyalin kata dan kalimat sangat sederhana sesuai dengan konteks
Alokasi Waktu                 :           8  jam pelajaran (4 x pertemuan)

      A.  Tujuan Pembelajaran

                                 Siswa dapat:
·      Merespons perintah dan petunjuk secara lisan
·      Mengeskpresikan berbagai tindak tutur secara tepat dan berterima
·      Merespons wacana tulis secara tepat dan berterima
·      Menuliskan kata-kata sederhana secara tepat dan berterima

      B.  Materi Pembelajaran

     Pertemuan Ke-1 s.d. 4
      Part  of the Body
1.      Nama anggota badan
2.      Bertanya jawab/bermain peran dalam percakapan sederhana secara bergantian

      C.  Metode Pembelajaran

           Diskusi kelompok, inkuiri, dan penugasan

      D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

            Pertemuan Ke-1 s.d. 4
           Pendahuluan
Apersepsi:
1.    Siswa diingatkan anggota badannya dalam bahasa Inggris berdasarkan fungsinya
2.    Siswa diingatkan cara mereka menayakan fungsi anggota badan dengan baik
Motivasi:
Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa mengenal anggota badannya dalam pengucapan dan tulisan dengan benar

            Kegiatan Inti

1.    Dengan berdialog dan berdiskusi, siswa diajak memahami jenis anggota badannya
2.    Dengan metode tanya jawab siswa menjelaskan ungkapan untuk anggota badan tertentu
3.    Dengan berdiskusi siswa diajak melengkapi kata dengan kata yang hilang
4.    Dengan berdiskusi siswa diajak untuk menulis anggota badan berdasarkan gambar
5.    Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang anggota badannya pada buku LKS dan buku penunjang  lainnya

            Penutup

1.    Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
2.    Siswa dan guru melakukan refleksi
3.    Guru memberikan tugas rumah (PR)
E. Alat dan Bahan
1.    Alat    :    gambar tubuh dan angotanya, kamus
2.    Sumber belajar   :
- Buku paket
- LKS Sekar
- Buku lain yang relevan
F.   Penilaian
1.   Teknik/jenis  : kuis dan tugas individu
2.   Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis
3.   Instrumen/soal:
1. Kia        :                            What is this?     
          Beno :                            This is ….
     a. football
     b. tennis
     c. archery                                                                     gb tenis
     d.    boxing
2. Deto      :                            Do you like badminton? 
          Lila                                :    ….
     a. Yes, I do.
     b. No, it is not.
     c. No, it is doesnot.             Gb badminton
     d.    No, it is.
3. Marsha  :    What is this?
    Geo       :    This is my ….
     a. hat
     b. helmet   gb topi
     c. socks
     d.    racket

Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut:
Nilai akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100)      

                                                                                               








 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                                                                         No. 2



Satuan Pendidikan       : MI Bojongsari
Mata Pelajaran             : Bahasa Inggris
Kelas/Semester            : III/2
Tahun Ajaran               : 2010 - 2011

 

Standar Kompetensi      
·      Siswa mampu merespos dan melakukan petunjuk secara lisan
·      Siswa mampu mengungkapkan tindak tutur secara lisan
·      Siswa mampu merespons wacana tertulis dengan benar
·      Siswa mampu menyalin dan menuliskan wacana dengan tepat
Kompetensi Dasar          
·      Merespons perintah dan petunjuk secara lisan
·      Mengeskpresikan berbagai tindak tutur secara tepat dan berterima
·      Merespons wacana tulis secara tepat dan berterima
·      Menuliskan kata-kata sederhana secara tepat dan berterima
        Indikator                        :  
·      Merespons perintah dan petunjuk lisan secara verbal
·      Merespons perintah dan petunjuk lisan secara tindakan
·      Mengekspresikan ungkapan sesuai dengan konteks
·      Membaca wacana tertulis dan berbagai teks fungsional secara berterima
·      Menulis dan menyalin kata dan kalimat sangat sederhana sesuai dengan konteks
Alokasi Waktu                 :           8  jam pelajaran (4 x pertemuan)

      A.  Tujuan Pembelajaran

                                 Siswa dapat:
·      Merespons perintah dan petunjuk secara lisan
·      Mengeskpresikan berbagai tindak tutur secara tepat dan berterima
·      Merespons wacana tulis secara tepat dan berterima
·      Menuliskan kata-kata sederhana secara tepat dan berterima

      B.  Materi Pembelajaran

     Pertemuan Ke-5 s.d. 8
      Job
1.      Jenis pekerjaan
2.      Bertanya jawab/bermain peran dalam percakapan sederhana secara bergantian

      C.  Metode Pembelajaran

           Diskusi kelompok, inkuiri, dan penugasan

      D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

            Pertemuan Ke-5 s.d. 8
           Pendahuluan
Apersepsi:
1.    Siswa diingatkan pekerjaan orang tuanya masing-masing
2.    Siswa diingatkan apa yang di lakukan profesi tertentu
Motivasi:
Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa mengenal jenis-jenis pekerjaan dalam pengucapan dan tulisan dengan benar

            Kegiatan Inti

1.    Dengan berdialog dan berdiskusi, siswa diajak memahami jenis-jenis pekerjaan
2.    Dengan metode tanya jawab siswa menjelaskan ungkapan untuk menyatakan jenis-jenis pekerjaan tertentu
3.    Dengan berdiskusi siswa diajak melengkapi kata dengan kata yang hilang
4.    Dengan berdiskusi siswa diajak untuk jenis-jenis pekerjaan berdasarkan gambar
5.    Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang jenis-jenis pekerjaan pada buku LKS dan buku penunjang  lainnya

            Penutup

1.    Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
2.    Siswa dan guru melakukan refleksi
3.    Guru memberikan tugas rumah (PR)
E. Alat dan Bahan
1.    Alat    :    gambar macam profesi,  kamus
2.    Sumber belajar   :
- Buku paket
- LKS Sekar
- Buku lain yang relevan
F.   Penilaian
1.   Teknik/jenis  : kuis dan tugas individu
2.   Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis
3.   Instrumen/soal:
1.  he - dentist - is - a
     Answer:                             ….
2.  nurse - is - a - she
     Answer:                             ….
3.  I - student - a - am
     Answer:                             ….
4       is - a - he - pilot
     Answer:                             ….
5.  a - is - butcher - she
     Answer:                             ….

Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut:
Nilai akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100)


                                                                                               

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                                                                         No. 3



Satuan Pendidikan       : MI Bojongsari
Mata Pelajaran             : Bahasa Inggris
Kelas/Semester            : III/2
Tahun Ajaran               : 2010 - 2011

 

Standar Kompetensi      
·      Siswa mampu merespos dan melakukan petunjuk secara lisan
·      Siswa mampu mengungkapkan tindak tutur secara lisan
·      Siswa mampu merespons wacana tertulis dengan benar
·      Siswa mampu menyalin dan menuliskan wacana dengan tepat
Kompetensi Dasar          
·      Merespons perintah dan petunjuk secara lisan
·      Mengeskpresikan berbagai tindak tutur secara tepat dan berterima
·      Merespons wacana tulis secara tepat dan berterima
·      Menuliskan kata-kata sederhana secara tepat dan berterima
      Indikator                        :  
·      Merespons perintah dan petunjuk lisan secara verbal
·      Merespons perintah dan petunjuk lisan secara tindakan
·      Mengekspresikan ungkapan sesuai dengan konteks
·      Membaca wacana tertulis dan berbagai teks fungsional secara berterima
·      Menulis dan menyalin kata dan kalimat sangat sederhana sesuai dengan konteks
Alokasi Waktu                 :           8  jam pelajaran (4 x pertemuan)

      A.  Tujuan Pembelajaran

                                 Siswa dapat:
·      Merespons perintah dan petunjuk secara lisan
·      Mengeskpresikan berbagai tindak tutur secara tepat dan berterima
·      Merespons wacana tulis secara tepat dan berterima
·      Menuliskan kata-kata sederhana secara tepat dan berterima

      B.  Materi Pembelajaran

     Pertemuan Ke-9 s.d. 12
      Shape
1.        Nama-nama bentuk benda
2.        Hubungan bentuk benda dan penerapannya
3.        Bertanya jawab/bermain peran dalam percakapan sederhana secara bergantian

      C.  Metode Pembelajaran

           Diskusi kelompok, inkuiri, dan penugasan

      D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

            Pertemuan Ke-9 s.d. 12
           Pendahuluan
Apersepsi:
Siswa diingatkan bentuk benda yang ada di dekatnya
Motivasi:
Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa mengenal macam macam-macam benda dalam pengucapan dan tulisan dengan benar

            Kegiatan Inti

1.    Dengan berdialog dan berdiskusi, siswa diajak memahami nama bentuk benda
2.    Dengan metode tanya jawab siswa menjelaskan ungkapan untuk menanyakan bentuk benda
3.    Dengan berdiskusi siswa diajak melengkapi kata dengan kata yang hilang
4.    Dengan berdiskusi siswa diajak untuk menulis nama anggota keluarga berdasarkan gambar
5.    Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang anggota keluarga  pada buku LKS dan buku penunjang  lainnya

            Penutup

1.    Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
2.    Siswa dan guru melakukan refleksi
3.    Guru memberikan tugas rumah (PR)
E. Alat dan Bahan
1.    Alat    :    balok, kamus
2.    Sumber belajar   :
- Buku paket
- LKS Sekar
- Buku lain yang relevan
F.   Penilaian
1.    Teknik/jenis  : kuis dan tugas individu
2.    Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis
3.    Instrumen/soal:
1. It is ….
     a. star                                c. heart
     b. oval                               d. circle
2. The earth is ….
     a. conical                                c.                                   semi circle
     b. rectangular                    d. sphere
3. The box is ….
     a. conical                                c.                                   semi circle
     b. rectangular                    d. sphere

Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut:
Nilai akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100)      


                                                                                               










 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                                                                         No. 4



Satuan Pendidikan       : MI Bojongsari
Mata Pelajaran             : Bahasa Inggris
Kelas/Semester            : III/2
Tahun Ajaran               : 2010 - 2011

 

Standar Kompetensi      
·      Siswa mampu merespos dan melakukan petunjuk secara lisan
·      Siswa mampu mengungkapkan tindak tutur secara lisan
·      Siswa mampu merespons wacana tertulis dengan benar
·      Siswa mampu menyalin dan menuliskan wacana dengan tepat
Kompetensi Dasar          
·      Merespons perintah dan petunjuk secara lisan
·      Mengeskpresikan berbagai tindak tutur secara tepat dan berterima
·      Merespons wacana tulis secara tepat dan berterima
·      Menuliskan kata-kata sederhana secara tepat dan berterima
      Indikator                        :  
·      Merespons perintah dan petunjuk lisan secara verbal
·      Merespons perintah dan petunjuk lisan secara tindakan
·      Mengekspresikan ungkapan sesuai dengan konteks
·      Membaca wacana tertulis dan berbagai teks fungsional secara berterima
·      Menulis dan menyalin kata dan kalimat sangat sederhana sesuai dengan konteks
Alokasi Waktu                 :           4  jam pelajaran (2 x pertemuan)

      A.  Tujuan Pembelajaran

                                 Siswa dapat:
·      Merespons perintah dan petunjuk secara lisan
·      Mengeskpresikan berbagai tindak tutur secara tepat dan berterima
·      Merespons wacana tulis secara tepat dan berterima
·      Menuliskan kata-kata sederhana secara tepat dan berterima

      B.  Materi Pembelajaran

     Pertemuan Ke-13 dan 14
      Food and Drinks
1.      Jenis makanan
2.      Jenis minuman
3.      Bertanya jawab/bermain peran dalam percakapan sederhana secara bergantian

      C.  Metode Pembelajaran

           Diskusi kelompok, inkuiri, dan penugasan

      D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

           Pertemuan Ke - 13 dan 14
           Pendahuluan
Apersepsi:
1.    Siswa diingatkan jenis makanan dan minuman yang disukainya
2.    Siswa diingatkan cara mereka menyatakan suka atau tidak suka dengan baik
Motivasi:
Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa mengenal macam makanan dan minuman dalam pengucapan dan tulisan dengan benar

            Kegiatan Inti

1.    Dengan berdialog dan berdiskusi, siswa diajak memahami jenis makanan dan minuman
2.    Dengan metode tanya jawab siswa menjelaskan ungkapan untuk menyatakan suka atau tidak suka pada makanan tertentu
3.    Dengan berdiskusi siswa diajak melengkapi kata dengan kata yang hilang
4.    Dengan berdiskusi siswa diajak untuk menulis makanan dan minuman berdasarkan gambar
5.    Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang ungkapan salam dan perpisahan pada buku LKS dan buku penunjang  lainnya

            Penutup

1.    Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
2.    Siswa dan guru melakukan refleksi
3.    Guru memberikan tugas rumah (PR)
E. Alat dan Bahan
1.    Alat    :    gambar, benda-benda sekitar kita, kamus
2.    Sumber belajar   :
- Buku paket
- LKS Sekar
- Buku lain yang relevan
F.   Penilaian
1.    Teknik/jenis  : kuis dan tugas individu
2.    Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis
3.    Instrumen/soal:
1. Gea :      Is this steak?
     Bari :      ....
     a. Yes, this is.     
     b. Yes, is this.                    Gb pizza
     c. No, it is not.
     d.    Yes, this is not.
2. Sania     :                            Is this water?                     Gb air putih
     Yunia    :                            ....
     a. Yes, this is.            
     b. No, this is not.
     c. No, this is.
     d.    No, is this not.
3. Lila             :                       What do you like?
         Marsha   :                       I like ....
     a. roasted chicken
     b. soup                                   gb sup
     c. fried chicken
     d.    meat ball

                                                                                               










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                                                                         No. 5


Satuan Pendidikan       : MI Bojongsari
Mata Pelajaran             : Bahasa Inggris
Kelas/Semester            : III/2
Tahun Ajaran               : 2010 - 2011

 

Standar Kompetensi      
·      Siswa mampu merespos dan melakukan petunjuk secara lisan
·      Siswa mampu mengungkapkan tindak tutur secara lisan
·      Siswa mampu merespons wacana tertulis dengan benar
·      Siswa mampu menyalin dan menuliskan wacana dengan tepat
Kompetensi Dasar          
·      Merespons perintah dan petunjuk secara lisan
·      Mengeskpresikan berbagai tindak tutur secara tepat dan berterima
·      Merespons wacana tulis secara tepat dan berterima
·      Menuliskan kata-kata sederhana secara tepat dan berterima
      Indikator                        :  
·      Merespons perintah dan petunjuk lisan secara verbal
·      Merespons perintah dan petunjuk lisan secara tindakan
·      Mengekspresikan ungkapan sesuai dengan konteks
·      Membaca wacana tertulis dan berbagai teks fungsional secara berterima
·      Menulis dan menyalin kata dan kalimat sangat sederhana sesuai dengan konteks
Alokasi Waktu                 :           4  jam pelajaran (2 x pertemuan)

      A.  Tujuan Pembelajaran

                                 Siswa dapat:
·      Merespons perintah dan petunjuk secara lisan
·      Mengeskpresikan berbagai tindak tutur secara tepat dan berterima
·      Merespons wacana tulis secara tepat dan berterima
·      Menuliskan kata-kata sederhana secara tepat dan berterima

      B.  Materi Pembelajaran

     Pertemuan Ke-15 dan 16
      Health
1.        Jenis penyakit
2.        Jenis alat kesehatan dan tenaga medis
3.        Bertanya jawab/bermain peran dalam percakapan sederhana secara bergantian

      C.  Metode Pembelajaran

           Diskusi kelompok, inkuiri, dan penugasan

      D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

            Pertemuan Ke-15 dan 16
           Pendahuluan
Apersepsi:
Siswa diingatkan penyakit yang pernah dideritanya
Motivasi:
Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa mengenal alat, penyakit  dan cara penanganannya dalam pengucapan dan tulisan dengan benar

            Kegiatan Inti

1.    Dengan berdialog dan berdiskusi, siswa diajak memahami macam pakaian dan perlengkapannya
2.    Dengan metode tanya jawab siswa menjelaskan ungkapan untuk jenis pakaian tertentu
3.    Dengan berdiskusi siswa diajak melengkapi kata dengan kata yang hilang
4.    Dengan berdiskusi siswa diajak untuk menulis macam pakaian dan perlengkapannya berdasarkan gambar
5.    Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang macam pakaian dan perlengkapannya pada buku LKS dan buku penunjang  lainnya

            Penutup

1.    Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
2.    Siswa dan guru melakukan refleksi
3.    Guru memberikan tugas rumah (PR)
E. Alat dan Bahan
1.    Alat    :    gambar,  kamus
2.    Sumber belajar   :
- Buku paket
- LKS Sekar
- Buku lain yang relevan
F.   Penilaian
1.    Teknik/jenis  : kuis dan tugas individu
2.    Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis
3.    Instrumen/soal:
1.  Bono     : Are you have cold?
     Bani       : ….
     a. Yes, I am.
     b. Yes, I am not.
     c. No, I am not.
     d.    No, I am.
2.  Andi      : Is he a doctor?
     Budi      : ….
     a. No, I am not.
     b. No, I am.
     c. Yes, I am.
     d.    Yes, I am not.
3.  Alfa       :                            Is it a wheelchair?
     Beta       :                            ….
     a. No, he is not.
     b. No, he is.
     c. Yes, he is.
     d.    Yes, he is not.




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NO. 1

Satuan Pendidikan       : MI Bojongsari
Mata Pelajaran             : Bahasa Inggris
Kelas/Semester            : IV/2
Tahun Ajaran               : 2010 - 2011

Standar Kompetensi         :
Mendengarkan
5.  Memahami instruksi sangat sederhana  dengan tindakan dalam konteks kelas
Berbicara
6. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana  dalam konteks kelas
Membaca
7. Memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas
Menulis
8. Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar :
5.1Merespon dengan melakukan tindakan sesuai dengan instruksi secara berterima dalam konteks kelas dan dalam berbagai permainan.
6.1Menirukan ujaran dalam ungkapan sangat sederhana secara berterima.
7.1 Membaca nyaring dengan ucapan yang tepat dan berterima yang melibatkan kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana.
8.1Mengeja ujaran bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima dengan tanda baca yang bernar melibatkan kata, frasa, dan kalimat  sangat  sederhana
8.2 Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima seperti ucapan selamat dan pesan tertulis.
Indikator         :                                 
-    Merespon ungkapan-ungkapan terkaitdengan tema
-    Bertanya dan menjawab berbagai terkait dengan tema
-    Membaca teks atau bacaaan fungsional  sesuai dengan tema dan pengucapan yang tepat
-    Menjawab pertanyaan bacaan
-    Mengeja kata dengan tepat
-    Menulis teks sesuai dengan tema
Alokasi Waktu       :           6  jam pelajaran (3 x pertemuan)
A.  Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat memahami setiap aspek kebahasaan sesuai dengan tema yang dipelajari
B.     Materi Pembelajaran
-   Teks atau bacaaan fungsional  sesuai dengan tema dan pengucapan yang tepat
-   Ungkapan/tindak tutur terkait dengan tema
-   Teks atau bacaaan fungsional  sesuai dengan tema dan pengucapan yang tepat
-   Kalimat fungsional sesuai dengan tema
-   Teks fungsional sesuai dengan tema
C.  Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, tanya jawab, praktik dan penugasan
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-1 s.d 3
Kegiatan Awal
Apersepsi:
Siswa diingatkan tentang hal-hal yang berkaitan dengan benda dan aktivitas yang dilakukan di lingkungan sekolah
Motivasi:
Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam memahami teks lisan dan tertulis
Kegiatan Inti
1.  Dengan praktik di laboratorium bahasa dan berdiskusi, siswa diajak memahami teks lisan fungsional, ungkapan sederhana yang melibatkan tindak tutur terdekat  yang melibatkan tindak tutur sesuai dengan tema yang dipelajari
2. Dengan praktik dan diulas oleh guru siswa mengungkapkan makna bahasa lisan dan tertulis 
3. Dengan berdiskusi    siswa diajak memahami dan menjelaskan tentang ungkpan yang dipelajari
4. Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal pada buku LKS dan buku penunjang lainnya

Penutup

1. Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
2. Siswa dan guru melakukan refleksi
3. Guru memberikan tugas rumah (PR)
E. Alat dan Bahan
1. Alat    :    laboratorium bahasa, kamus
2. Sumber belajar   :
      - Buku paket
- LKS Sekar
      - Buku lain yang relevan
F.     Penilaian
1. Teknik            : tes unjuk kerja
2. Bentuk instrumen   : tes tertulis uraian
3. Soal/instrumen
Look! That is our school. It is big and clean. We usually study there from 7 to 12 o’clock. There is a library in my school. We usually read and borrow books there. There is also a canteen. If we are thirsty and hungry, we go there to buy food and drink. There is a schoolyard in the middle of my school. We have a flag ceremony every Monday and do sport there. We love our school.
1. What time do we study in our school?
     a. at 7 o’clock      b. at 12 o’clock         c. from 7 to 12       d. in the morning
2. We usually read books in ….
     a. our school        b. the library        c. the canteen        d. the schoolyard
3. We can borrow books in the ….
     a. school              b. library              c. canteen              d. schoolyard
4. If we are hungry we can go to the ….
     a. library              b. schoolyard       c. canteen              d. classroom
5. What do we go to the canteen for? (Untuk apa kita pergi ke kantin?)
     a. to read books                           c. to borrow books
     b. to do sport                               d. to buy some food and drinks































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NO. 2

Satuan Pendidikan       : MI Bojongsari
Mata Pelajaran             : Bahasa Inggris
Kelas/Semester            : IV/2
Tahun Ajaran               : 2010 - 2011

Standar Kompetensi         :
Mendengarkan
5. Memahami instruksi sangat sederhana  dengan tindakan dalam konteks kelas
Berbicara
6. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana  dalam konteks kelas
Membaca
7. Memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas
Menulis
8. Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar            :
5.1.Merespon dengan melakukan tindakan sesuai dengan instruksi secara berterima dalam konteks kelas dan dalam berb agai permainan
6.2.Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur memberi contoh melakukan sesuatu dan memberi aba-aba.
7.1.Membaca nyaring dengan ucapan yang tepat dan berterima yang melibatkan kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana.
7.2 Memahami kalimat dan pesan tertulis sangat sederhana
8.1.Mengeja ujaran bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima dengan tanda baca yang benar yang melibatkan kata, frase, dan kalimat sangat sederhana
Indikator         :                                  
-    Merespon ungkapan-ungkapan terkait dengan tema
-    Bertanya dan menjawab yang melibatkan ungkapan memberi contoh melakukan sesuatu dan memberi aba-aba
-    Membaca teks atau bacaaan fungsional  sesuai dengan tema dan pengucapan yang tepat
-    Menjawab pertanyaan bacaan
-    Mengeja kata dengan tepat
-    Menulis teks sesuai dengan tema
Alokasi Waktu                  :           6  jam pelajaran (3 x pertemuan)
A.  Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat memahami setiap aspek kebahasaan sesuai dengan tema yang dipelajari
B.    Materi Pembelajaran
-    Teks atau bacaaan fungsional  sesuai dengan tema dan pengucapan yang tepat
-    Ungkapan/tindak tutur memberi contoh melakukan sesuatu dan memberi aba-aba
-    Teks atau bacaaan fungsional  sesuai dengan tema dan pengucapan yang tepat
-    Kalimat fungsional sesuai dengan tema
-    Teks fungsional sesuai dengan tema
C.  Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, tanya jawab, paraktik dan penugasan
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-4 s.d. 6
Kegiatan Awal
Apersepsi:
Siswa diingatkan tentang hal-hal yang berkaitan dengan binatang yang mereka kenali
Motivasi:
Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam memahami teks lisan dan tertulis

Kegiatan Inti

1. Dengan praktik di laboratorium bahasa dan berdiskusi, siswa diajak memahami teks lisan fungsional, ungkapan sederhana yang melibatkan tindak tutur memberi contoh melakukan sesuatu dan memberi aba-aba
2. Dengan praktik dan diulas oleh guru siswa mengungkapkan makna bahasa lisan dan tertulis 
3. Dengan berdiskusi    siswa diajak memahami dan menjelaskan tentang ungkapan yang dipelajari
4. Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal pada buku LKS dan buku penunjang lainnya

Penutup

1. Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
2. Siswa dan guru melakukan refleksi
3. Guru memberikan tugas rumah (PR)
E. Alat dan Bahan
1.  Alat    :    laboratorium bahasa, kamus
2. Sumber belajar   :
      - Buku paket
- LKS Sekar
- Buku lain yang relevan
F.    Penilaian
1.  Teknik            : tes unjuk kerja
2.  Bentuk instrumen   : tes tertulis uraian
3.  Soal/instrumen
Mr. Arya is my father.
He likes to take care of animals.
There are 2 cows, 4 goats, some chicken and hens in his farm.
He also has two beautiful pigeons in the garden.
He really loves them.
1. Mr. Arya is my …
     a. uncle              b. father             c. farmer              d. neighbor
2. Does he like animals?
     a. Yes, he does  b. Yes, she does c. Yes, he did            d. Yes, he is.
3. He has … goats.
     a. two                b. three               c. four            d. five
4. He has … cows.
     a. five                b. four                     c. three                 d. two
5. Where are the pigeons?
     a. In the garden b. In the village       c. In the farm       d. In the mountain































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NO. 3

Satuan Pendidikan       : MI Bojongsari
Mata Pelajaran             : Bahasa Inggris
Kelas/Semester            : IV/2
Tahun Ajaran               : 2010 - 2011

Standar Kompetensi         :
Mendengarkan
5.  Memahami instruksi sangat sederhana  dengan tindakan dalam konteks kelas
Berbicara
6. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana  dalam konteks kelas
Membaca
7. Memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas
Menulis
8. Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar            :
5.1Merespon dengan melakukan tindakan sesuai dengan instruksi secara berterima dalam konteks kelas dan dalam berbagai permainan
6.3Bercakap-cakap untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur meminta bantuan, meminta barang, memberi barang.
7.1Membaca nyaring dengan ucapan yang tepat dan berterima yang melibatkan kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana.
7.2Memahami kalimat dan pesan tertulis sangat sederhana
8.1Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima seperti ucapan selamat dan pesan tertulis.
Indikator         :                                 
-    Merespon ungkapan-ungkapan terkaitdengan tema
-    Bertanya dan menjawab yang melibatkan ungkapan meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur meminta bantuan, meminta barang, memberi barang.
-    Membaca teks atau bacaaan fungsional  sesuai dengan tema dan pengucapan yang tepat
-    Menjawab pertanyaan bacaan
-    Mengeja kata dengan tepat
-    Menulis teks sesuai dengan tema
Alokasi Waktu                  :           6  jam pelajaran (3 x pertemuan)
A.   Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat memahami setiap aspek kebahasaan sesuai dengan tema yang dipelajari
B.    Materi Pembelajaran
-   Teks atau bacaaan fungsional  sesuai dengan tema dan pengucapan yang tepat
-   Ungkapan/tindak tutur memberi contoh melakukan sesuatu dan memberi aba-aba
-   Teks atau bacaaan fungsional  sesuai dengan tema dan pengucapan yang tepat
-   Kalimat fungsional sesuai dengan tema
-   Teks fungsional sesuai dengan tema
C.  Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, tanya jawab, praktik dan penugasan
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-7 s.d.  9
Kegiatan Awal
Apersepsi:
Siswa diingatkan tentang hal-hal yang berkaitan dengan benda-benda yang ada di rumah
Motivasi:
Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam memahami teks lisan dan tertulis
Kegiatan Inti
1. Dengan praktik di laboratorium bahasa dan berdiskusi, siswa diajak memahami teks lisan fungsional, ungkapan sederhana yang melibatkan tindak meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur meminta bantuan, meminta barang, memberi barang.
2. Dengan praktik dan diulas oleh guru siswa mengungkapkan makna bahasa lisan dan tertulis 
3. Dengan berdiskusi    siswa diajak memahami dan menjelaskan tentang ungkpan yang dipelajari
4. Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal pada buku LKS dan buku penunjang lainnya

Penutup

1. Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
2. Siswa dan guru melakukan refleksi
3. Guru memberikan tugas rumah (PR)
E. Alat dan Bahan
1. Alat                :    laboratorium bahasa, kamus
2.  Sumber belajar         :
   - Buku paket
    - LKS Sekar
   - Buku lain yang relevan
F.  Penilaian
1.  Teknik                     : tes unjuk kerja
2.  Bentuk instrumen    : tes tertulis uraian
3.  Soal/instrumen
Hello, my name is Reina. I want to tell you about my house. My house is small but clean. There are two bedrooms, a kitchen, and a living room. There is a table and a sofa in the living room. The dining table is in the kitchen.
1. Who is the writer?
     a. Maya               b. Riska              c. Riski                d. Reina
2. Is Reina’s house big?
     a. Yes, it is          b. No, it is not         c. yes, it does       d. no, it does not
3. How many bedrooms are in the house?
     a. four                 b. three               c. two             d. one
4. Where is the sofa?
     a. in the living room                           c. in the dining room
     b. in the kitchen                            d. in the bedroom
5. Where is the dining table?
     a. in the living room                           c. in the dining room
     b. in the kitchen                            d. in the bedroom
Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut:
Nilai akhir: Perolehan skor/skor maksimum (70) x skor total (100)
 
                                                                                         



























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NO. 4

Satuan Pendidikan       : MI Bojongsari
Mata Pelajaran             : Bahasa Inggris
Kelas/Semester            : IV/2
Tahun Ajaran               : 2010 - 2011

Standar Kompetensi         :
Mendengarkan
5. Memahami instruksi sangat sederhana  dengan tindakan dalam konteks kelas
Berbicara
6. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana  dalam konteks kelas
Membaca
7. Memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas
Menulis
8. Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar            :
5.2Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal.
6.2Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur  meminta izin, memberi izin, menyetujui, tidak menyetujui, menyangkal, dan memberi kejelasan.
7.1Membaca nyaring dengan ucapan yang tepat dan berterima yang melibatkan kata, frase dan kalimat sangat sederhana.
8.2Menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat  dan berterima seperti ucapan selamat dan pesan tertulis.
Indikator         :                                  
-    Merespon ungkapan-ungkapan terkait dengan tema
-    Bertanya dan menjawab yang melibatkan ungkapan meminta izin, memberi izin, menyetujui, tidak menyetujui, menyangkal dan memintaa kejelasan.
-    Membaca teks atau bacaaan fungsional  sesuai dengan tema dan pengucapan yang tepat
-    Menjawab pertanyaan bacaan
-    Mengeja kata dengan tepat
-    Menulis teks sesuai dengan tema
Alokasi Waktu                  :           6  jam pelajaran (3 x pertemuan)
A.  Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat memahami setiap aspek kebahasaan sesuai dengan tema yang dipelajari
B.  Materi Pembelajaran
-    Teks atau bacaaan fungsional  sesuai dengan tema dan pengucapan yang tepat
-    Ungkapan/tindak tutur meminta izin, memberi izin, menyetujui, tidak menyetujui, menyangkal, dan memberi kejelasan
-    Teks atau bacaaan fungsional  sesuai dengan tema dan pengucapan yang tepat
-    Kalimat fungsional sesuai dengan tema
-    Teks fungsional sesuai dengan tema
C.  Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, tanya jawab, paraktik dan penugasan
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-10 s.d. 12
Kegiatan Awal
Apersepsi:
Siswa diingatkan tentang benda benda elektronik yang sudah diketahuinya
Motivasi:
Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam memahami teks lisan dan tertulis

Kegiatan Inti

1. Dengan praktik di laboratorium bahasa dan berdiskusi, siswa diajak memahami teks lisan fungsional, ungkapan sederhana yang melibatkan tindak meminta izin, memberi izin, menyetujui, tidak menyetujui, menyangkal, dan memberi kejelasan.
2. Dengan praktik dan diulas oleh guru siswa mengungkapkan makna bahasa lisan dan tertulis 
3. Dengan berdiskusi    siswa diajak memahami dan menjelaskan tentang ungkpan yang dipelajari
4. Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal pada buku LKS dan buku penunjang lainnya

Penutup

1. Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
2. Siswa dan guru melakukan refleksi
3. Guru memberikan tugas rumah (PR)
E. Alat dan Bahan
1. Alat    :    laboratorium bahasa, kamus
2. Sumber belajar   :
- Buku paket
- LKS Sekar
- Buku lain yang relevan
F.  Penilaian
1.  Teknik                      : tes unjuk kerja
2.  Bentuk instrumen    : tes tertulis uraian
3.  Soal/instrumen
Marsha         :      Excuse me, is this your gbr hairdryer (6)?
Nike             :      Yes, it is.
Marsha         :      … (7) I use your hairdryer?
Nike             :      … (8), I’m using it.
Marsha         :      What about this Gbr kipas angin (9)? Is it your fan, too?
Nike             :      Yes, it is.
Marsha         :      May I use it?
Nike             :      … (10) you may.
Marsha         :      Thanks.
1.  a. fan       b. radio         c. hairdryer          d. telephone
2.  a. Do       b. does          c. may            d. am
3. a. yes       b. sure     c. I’m sorry          d. of course
4.  a. fan       b. radio         c. hairdryer          d. telephone
5.  a. no               b. I’m sorry c. here you are     d. of course   

Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut:
Nilai akhir: Perolehan skor/skor maksimum (70) x skor total (100)
                                                                                        
                                                                                            



























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NO. 5
Satuan Pendidikan       : MI Bojongsari
Mata Pelajaran             : Bahasa Inggris
Kelas/Semester            : IV/2
Tahun Ajaran               : 2010 - 2011
Standar Kompetensi         :
Mendengarkan
5. Memahami instruksi sangat sederhana  dengan tindakan dalam konteks kelas
Berbicara
6. Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana  dalam konteks kelas
Membaca
7. Memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas
Menulis
8. Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar            :
5.1  Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal
6.1  Menirukan ujaran  dalam ungkapan  sangat sederhana secara berterima.
6.2 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur meminta izin, memberi izin, menyetujui, tidak menyetujui, menyangkal dan memintaa kejelasan.
7.1  Membaca nyaring dengan ucapan yang tepat dan berterima yang                   
       melibatkan : kata,frasa,dan kalimat sangat sederhana
8.1  Mengeja ujaran bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima dengan tanda baca yang benar yang melibatkan : kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana
Indikator         :                                  
-    Merespon ungkapan-ungkapan terkaitdengan tema
-    Bertanya dan menjawab yang melibatkan ungkapan meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur meminta izin, memberi izin, menyetujui, tidak menyetujui, menyangkal dan meminta kejelasan.
-    Membaca teks atau bacaaan fungsional  sesuai dengan tema dan pengucapan yang tepat
-    Menjawab pertanyaan bacaan
-    Mengeja kata dengan tepat
-    Menulis teks sesuai dengan tema
Alokasi Waktu                  :           8  jam pelajaran (4 x pertemuan)
A.  Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat memahami setiap aspek kebahasaan sesuai dengan tema yang dipelajari
B.       Materi Pembelajaran
-    Teks atau bacaaan fungsional  sesuai dengan tema dan pengucapan yang tepat
-    Ungkapan/tindak tutur meminta izin, memberi izin, menyetujui, tidak menyetujui, menyangkal, dan memberi kejelasan
-    Teks atau bacaaan fungsional  sesuai dengan tema dan pengucapan yang tepat
-    Kalimat fungsional sesuai dengan tema
-    Teks fungsional sesuai dengan tema
C.  Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, tanya jawab, paraktik dan penugasan
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-13 s.d. 16
Kegiatan Awal
Apersepsi:
Siswa diingatkan tentang hubungan kekeluargaan (saudara-saudaranya)
Motivasi:
Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam memahami teks lisan dan tertulis

Kegiatan Inti

1. Dengan praktik di laboratorium bahasa dan berdiskusi, siswa diajak memahami teks lisan fungsional, ungkapan sederhana yang melibatkan tindak meminta izin, memberi izin, menyetujui, tidak menyetujui, menyangkal, dan memberi kejelasan.
2. Dengan praktik dan diulas oleh guru siswa mengungkapkan makna bahasa lisan dan tertulis 
3. Dengan berdiskusi    siswa diajak memahami dan menjelaskan tentang ungkpan yang dipelajari
4. Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal pada buku LKS dan buku penunjang lainnya

Penutup

1. Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
2. Siswa dan guru melakukan refleksi
3. Guru memberikan tugas rumah (PR)
E. Alat dan Bahan
1. Alat                     :    laboratorium bahasa, kamus
2. Sumber belajar   :
-    LKS Sekar
-    Buku lain yang relevan
F.  Penilaian
1. Teknik            : tes unjuk kerja
2. Bentuk instrumen   : tes tertulis uraian
3. Soal/instrumen
Rasha     :    Hi, Marsha. What are you doing?
Marsha   :    I am … (1) my family album.
Rasha     :    … (2)?
Marsha   :    Of course.
Rasha     :    Who is … (3) wearing glasses?
Marsha   :    He is my father.
Rasha     :    And who is … (4) beside him?
Marsha   :    She is my mother.
Rasha     :    Who is the older man than your father?
Marsha   :    He is my grandfather.
Rasha     :    And the older woman beside your mother must be your grandmother. Am I right?
Marsha   :    Yes, … (5).
1.    a. look                    b. looks                     c. looking            d. looked
2.    a. How old are you?   b. How are you?        c. May I go?        d. May I see it?
3.    a. the woman         b. the man                 c. the boy       d. the girl
4.    a. the woman         b. the man                 c. the boy       d. the girl
5.    a. wrong                b. true                  c. fine             d. Right

Tidak ada komentar: