Kamis, 10 Maret 2011

Motivasi

MEMOTIVASI SISWA DENGAN SELF TALK THERAPI

Oleh : Maman Rusdiaman, S.Pd
Berbicara sendiri atau lebih dikenal dengan self talk merupakan sebuah aktivitas yang sering dilakukan oleh setiap manusia. Setiap manusia mempunyai keinginan dan cita-cita yang hanya manusia itu lah yang mengetahui. Istilah self talk sering diartikan dengan mengucapkan suatu pertanyaan atau pun pernyataan yang berkaitan dengan suatu dan terjadi didalam hati.
Dikaitkan dengan pengertian self talk diatas perlu kiranya dikembangkan. Sebuah metode pembelajaran dengan melibatkan unsur self talk didalam memompa motivasi siswa dalam belajar karena setiap guru mempunyai tugas selain menyampai materi juga sebagai pemberi motivasi pada siswa. Secara umum ada beberapapa self talk yang harus dipahami oleh para guru, yang pertama self talk tentang diri sendiri,self talk tentang orang lain, self talk tentang lingkungan sekitar dan self talk tentang sang pencipta.Self talk tentang diri sendiri setiap siswa sering melakukan self talk berupa pertanyaan dan pernyataan tentang dirinya.
Apakah itu yang bersifat negative adapun positif. Siswa yang berasal dari keluarhga yang kurang mampu berkata dalam hati, “ saya anak orang miskin nggak mungkin kuliah!” Self talk macam ini hanya akan menempatkan siswa sebagai korban dari suatu keadaan, merasa dirinya lemah, dan selalu dibawah tekanan dari masalah yang ada.
Namun akan berbeda bila iya berkata,” saya memang dari keluarga miskin, tapi saya akan berusaha untuk kuliah!” perubahan gaya self talk tadi justru berdampak besar dan akan mendorong siswa untuk melakukan sesuatu agar hidupnya lebih baik. Self talk tentang orang lain, misalnya, “Nilainya bagus ya…pantaslah, dia kan ranking satu!”
Self talk dengan Yang Mahakuasa dapat dilakukan setiap saat. Namun, sebaiknya jangan hanya yang bersipat keluhan. Ungkapkan juga rasa Syukur atas seluruh nikmat yang telah di berikan dan memohon bantuan untuk mensyukuri nikmat yang ada.
Perubahan sudut pandang self talk dapat membangun motivasi belajar siswa.Self talk ada bukan untuk menempatkan individu dalam posisi yang lemah dan mudah menyerah, bukan pula untuk tempat berkeluh kesah. Namun digunakan untuk memperkuat diri dan memberi energi dalam membangun kemampuan individu yang masih tersembunyi.
Memang, hidup ini aneh. Realitas sering kali di bangun dari mimpi. Mimpi terbang, misalnya, tentu mustahil dilakukan manusia sebab manusia tidak memiliki sayap. Namun dengan akal budi, manusia dapat mewujud kan sesuatu yang mustahil menjadi mungkin. Manusia kemudian menciptakan peswat terbang maka yang bisa terbang tidak hanya satu atau dua orang, melainkan ratusan, bahkan ribuan dalam satu waktu dan satu tempat.
Kalau kita ingin maju, ubah lah setiap self talk kita menjadi “mimpi indah” yang perlu kita wujud kan. Kemudian, dengan cipta dan karsa kita berjuanglah mengubah “mimpi” itu menjadi sesuatu yang nyata. Jangan sekali kita berpikir negatif sehingga melahirkan self talk yang negatif pula. Sebab bisa jadi, nasib buruk yang kadang menimpa kita, lahir dari cara berpikir kita yang negatif.
Hanya dari hati yang suci, cara berpikir yang jernih, serta mendapat pertolongan Alloh, akan lahir manusia yang kereatif, bernilai kemanusiaan yang tinggi dan mendapat rida Alloh SWT.Amin.

Tidak ada komentar: